Public Relation merupakan suatu kegiatan yang dewasa ini wajib dilakukan oleh setiap perusahaan atau pun usaha perorangan yang bergerak dalam bidang apapun, baik itu perusahaan yang bersakala besar maupun usaha kecil, karena Public Relation merupakan hal yang sangat penting untuk dipelajari untuk dapat meningkatkan kepercayaan diri dan mampu memberikan motivasi kepada diri sendiri untuk menjadi pribadi yang lebih luwes , terampil dan mampu berkomunikasi dengan baik, sehingga mencapai setiap tujuan karir yang diharapkan, baik dari sisi perseorangan maupun dari perusahaan.
Public Relation tidak hanya belajar tentang kemampuan kita dalam memasarkan suatu produk/marketing, periklanan, memberikan contoh produk ataupun melakukan kegiatan survey kepada masyarakan tentang produk yang saat ini kita jual kepada masyarakat, tapi mempelajari juga tentang bagaiamana kita mampu berkomunikasi dengan baik kepada masyarakat, menyampaikan informasi, menjadi juru bicara, membuat iklan korporat, publisitas ataupun lobying, mampu menjaga hubungan dengan baik dengan masyarakat serta mengerti tentang apa yang saat ini diharapkan oleh masyarakat yang memanfaatkan jasa yang kita sediakan.
Setiap usaha kecil yang bergerak dalam bidang apapun hendaknya mampu menjaga hubungan yang baik dengan masyarakatnya, sehingga diharapkan hubungan yang baik tersebut akan menciptakan hasil yang diharapkan, yang pada akhirnya akan membawa perusahaan tersebut pada keberhasilan yang diaharapkan.
Hak-hal awal yang harus dilakukan oleh Public Relation adalah membuat perencanaan, yaitu suatu proses yang dipikirkan secara matang dan hati-hati. Prose perencanaan tersebut meliputi :
1.Menentukan pengguna dari produk yang kita jual, karena sangat penting bagi kita unutk mengetahui siapa saja yang akan menjadi customer pada perusahaan kita
2.Mengembangakan perencanaan yang telah kita buat, seperti misalnya menentukan goals atau tujuan yang ingin dicapai oleh perusahaan, karena tujuan bisa mengarahkan kegiatan Public Relation sehingga tidak melenceng atau salah sasaran,menentukan pelayanan seperti apa yang akan kita berikan kepada pengguna jasa kita, agar mereka dapat menerima dengan baik tiap produk yang kita tawarkan, menetapkan strategi dan taktik usaha, agar kita bisa mengetahui langkah-langkah apa saja yang bisa kita tempuh untuk dapat menarik perhatian publik.
3.Menjalin kerjasama yang baik dengan media, karena media sangat berperan penting dalam perkembangan suatu usaha. Maju mundurnya suatu perusahaan tergantung pada seberapa pintar Public relation yang ada diperusahan tersebut menjalin hubunga dengan media yang ada.
Apabila hal-hal tersebut bisa dilaksanakan dengan baik, maka diharapkan kegiatan perusahaan yang berdasar pada keinginan untuk memberikan pelayan terbaik untuk customer bisa tercapai.
Sabtu, 07 Maret 2009
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar